Sekilas Tentang Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence)

Cari Blog Ini

Rabu, 29 Agustus 2012

Sebelum membahas tentang kecerdasan buatan (Artifical Intelligence), kita perlu mengetahui apa itu kecerdasan (intelegensia/intelligence). Intelegensia adalah kemampuan untuk melaksanakan dan menerapkan pengetahuan yang dimilikinya. Dengan pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa walaupun seseorang banyak memiliki pengetahuan, tetapi jika dia tidak bisa menerapkannya dalam praktek maka tidak bisa digolongkan kedalam intelegensia. Ini berearti kemampuan berpikir dan menalar. Pada batas-batas tertentu artifical intelligence memungkinkan komputer bisa menerima pengetahuan melalui input manusia dan menggunakan pengetahuannya itu melalui simulasi proses penalaran  dan berpikir manusia untuk memecahkan berbagai masalah.

Bagian utama aplikasi artifical intelligence adalah pengetahuan (knowledge), suatu pengertian tentang beberapa wilayah subjek yang diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman. Walaupun komputer tidak mungkin mendapat pengalaman atau belajar meneliti seperti manusia, tapi ia dapat memperoleh pengetahuan yang dibutuhkannya itu melalui upaya yang diberikan oleh seorang pakar manusia.

Pengetahuan terdiri dari fakta, pemikiran, teori, prosedur dan hubungannya satu sama lain. Pengetahuan juga merupakan informasi terorganisasi dan teranalisa agar lebih mudah dimengerti dan bisa diterapkan pada pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Yah, demikian dulu postingan pertama tentan Artifical intelligence ini.... Bersambung ke post selanjutnya :D

1 komentar :

  • yudha says:
    3 November 2012 22.29

    kita juga punya nih artikel mengenai kecerdasan buatan, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2576/1/232.pdf

Posting Komentar

Members