Membuat Program Penghitung Waktu Mundur Menggunakan Flash (ActionScript 2.0)

Cari Blog Ini

Kamis, 25 November 2010


Kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai pembuatan program penghitung waktu mundur (countdown). Caranya pun cukup sederhana, berikut langkah-langkahnya :



  1. Buka sebuah flash document baru
  2. Tekan Ctrl+J, atur dimensinya menjadi 300X200 pixels dan 20 fps pada framerate, tekan OK
  3. Buat 2 buah layer baru, beri masing-masing nama, dari panling atas "AS","teks", dan "symbol" (tanpa tanda kutip)
  4. Pada masing-masing layer masukkan 2 keyframe baru dengan menekan F6 sebanyak 2 kali


    Gambar 1.1

     
  5. Klik frame 1 layer teks, dengan menggunakan static text buat sebuah tulisan :
    Set minute time :
    Set second time :
  6. Masih pada frame 1 layer teks, dengan menggunakan input text buatlah dua buah teks kosong masing-masing disamping tulisan yang telah dibuat sebelumnya. Beri masing-masing instance name "input_m" dan "input_d" (tanpa tanda kutip)
  7. Klik frame 1 layer symbol, lalu buat sebuah tombol bertuliskan START, beri instance name "start_btn" (tanpa tanda kutip)
  8. Klik frame 1 layer symbol,buat 2 buah kotak menggunakan rectangle tool tanpa fill. Ukuran disesuaikan dengan input text yang telah dibuat


    Gambar 1.2

     
  9. Klik frame 2 layer teks, buat 2 buah dynamic text yang bersebelahan. Dynamic text sebelah kiri diberi variable "minute" dan "second" (tanpa tanda kutip) untuk yang sebelah kanan. Dengan menggunakan static text buat tanda ":"(tanpa tanda kutip) diantara dua dynamic text yang telah dibuat


    Gambar 1.3

     
  10. Klik frame3 layer teks, buat tulisan "TIME IS UP !" (tanpa tanda kutip)
  11. Klik frame 3 layer symbol, buat tombol bertuliskan "RESET",lalu beri instance name "reset_btn" (tanpa tanda kutip)


    Gambar 1.4

     
  12. Klik frame 1 layer as, tekan F9 lalu masukkan script :
    stop();
    input_m = 2;
    input_d = 30;
    waktu_hidup = false;
    start_btn.onRelease = function() {
        gotoAndPlay(2);
        waktu_hidup = true;
    };
  13. Klik frame 2 layer as, tekan F9 lalu masukkan script :
    stop();
    fps = 0;
    onEnterFrame = function () {
        if (input_m<10) {
            _root.minute = "0"+input_m;
        } else {
            _root.minute = input_m;
        }
        if (input_d<10) {
            _root.second = "0"+input_d;
        } else {
            _root.second = input_d;
        }
        if (waktu_hidup) {
            fps++;
            if (fps == 20) {
                input_d -= 1;
                fps = 0;
            }
            if (input_m>0 && input_d == 0) {
                input_m -= 1;
                input_d = 59;
            }
            if (input_m == 0 && input_d == 0) {
                gotoAndPlay(3);
                delete this.onEnterFrame;
            }
        }
    };
  14. Klik frame 1 layer as, tekan F9 lalu masukkan script :
    stop()
    reset_btn.onRelease=function(){
        gotoAndPlay(1)
    }
  15. Tekan Ctrl+Enter untuk test movie
  16. Waktu default adalah 2 menit 30 detik, tetapi Anda dapat merubahnya


    Gambar 1.5

    Gambar 1.6
             Gambar 1.7

1 komentar :

  • Agung Tri Wiyono says:
    27 Mei 2013 05.47

    maksudnya saya pengen itu, membuat sebuah game sederhana kemudian diberi waktu gan dan jika waktu habis game akan game over gitu.. gimana ya gan. mohon pencerahannya

Posting Komentar

Members