Cara Boot Linux Menggunakan File ISO-nya

Cari Blog Ini

Senin, 04 April 2011


Tutorial ini khususnya ditujukan bagi teman-teman yang komputernya tidak mempunyai CD/DVD ROM atau CD/DVD ROM-nya rusak. (“Kaya punya gue aja….”).
Tapi karena CD/DVD ROM kita rusak itulah kita berusaha mencari ilmu untuk mengakalinya, betul nggak..?
Langsung saja, jenis linux yang akan saya install kali ini adalah jenis linux yang bersifat portable, artinya bisa langsung dijalankan menggunakan USB Flashdisk atau CD. Karena saya jengkel dengan linux jenis ini yang cuma bisa boot dari flashdisk atau cd inilah saya mencari software yang bisa digunakan untuk membuat linux portable ini boot menggunakan harddisk. Linux yang saya gunakan adalah Lucid Puppy 520. Software yang saya gunakan adalah UNetbootin. Silakan download softwarenya disini :
Setelah didownload, ikuti langkah langkah berikut ini :
1.       Install aplikasi UNetbootin (yang saya gunakan adalah versi windows, jika menggunakan linux tampilannya tidaak berbeda jauh).

2.       Jalankan UNetbootin, maka akan tampil jendela sebagai berikut.


3.       Pilih pilihan Disk Image -> ISO lalu pilih file ISO-nya


4.       Pada pilihan Type pilih Hard Disk -> Drive : C:\ lalu tekan OK


5.       Setelah itu tekan Reboot Now untuk merestart computer anda. Pada pilihan OS, pilih UNetbootin lalu pilih linux yang telah anda install tadi.

Sebagai tambahan, anda tidak bisa menggunakan software ini untuk menulis file ISO pada harddisk lebih dari satu. Jika anda ingin  menginstall jenis linux yang lain, maka anda harus menghapus yang sebelumnya.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar

Members