Event Handling (ActionScript 2.0)

Cari Blog Ini

Sabtu, 21 April 2012

Event handling adalah suatu kode penanda dimana didalamnya terdapan perintah-perintah yang akan dieksekusi atau dijalankan ketika event terpenuhi. Misal perintah akan berjalan ketika sebuah tombol ditekan, dan sebagainya. 

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang event handling pada flash, setidaknya kita perlu mengetahui suatu elemen penting yang mempengaruhi syarat terpenuhinya suatu event, yaitu area hit. Area hit adalah sebuah batas berbentuk segi empat yang mengelilingi suatu objek seperti movie clip atau button. Area hit ini akan muncul saat suatu objek telah dirubah menjadi movie clip atau button. Setiap sisi area hit berada pada titik terluar dari objek tersebut. Berikut gambarannya.

Kotak biru yang mengelilingi gambar oval adalah area hit, jadi jika suatu objek melewati area tersebut maka sudah disebut bertumbukan atau bertabrakan meskipun belum menyentuh objek sebenarnya secara visual. Pembahasan ini pernah dijelaskan pada tutorial mendeteksi tumbukan objek pada flash.

Penulisan event handling pada ActionScript 2.0 ada dua macam cara, yaitu menuliskan kode pada objek atau pada frame. Berikut ini adalah event handling untuk mengontrol objek movie clip dan button pada flash.

Untuk menuliskan event pada frame, objek terlebih dahulu harus diberi nama pada instance name sebagai pengenal.

Penulisan pada frame :
Instance_name.onDragOut=function(){ }
Perintah akan dijalankan ketika kursor mouse menekan objek lalu keluar area hit tanpa melepaskan tekanan mouse.

Instance_name.onDragOver=function(){ }
Perintah akan dijalankan ketika kursor mouse menekan objek lalu keluar area hit kemudian masuk kembali ke area hit kemudian melepaskan tekanan mouse.

Instance_name.onPress=function(){ }
Perintah akan dijalankan ketika kursor menekan objek pada area hit.

Instance_name.onRelease=function(){ }
Perintah akan dijalankan ketika kursor menekan objek pada area hit kemudian melepaskan tekanan mouse tanpa keluar dari area hit.

Instance_name.onReleaseOutside=function(){ }
perintah akan dijalankan ketika kursor menekan objek lalu keluar area hit dan melepaskan tekanan diluar area hit.

Instance_name.onRollOut=function(){ }
Perintah akan dijalankan ketika kursor melewati area hit tanpa menekannya.

Instance_name.onRollOver=function(){ }
Perintah akan dijalankan ketika kursor melewati area hit kemudian keluar area hit tanpa menekan objek tersebut.

Berbeda ketika menulis event handling pada frame, menuliskan event pada objek langsung tidak memerlukan pemberian nama pada instance name objek.

Penulisan pada objek :
on(dragOut){ }
on(dragOver){ }
on(press){ }
on(release){ }
on(releaseOutside){ }
on(rollOut){ }
on(rollOver){ }

0 komentar :

Posting Komentar

Members