Kiat-Kiat Sukses Menjadi Freelance di Dunia Teknologi Informasi

Cari Blog Ini

Jumat, 28 Oktober 2011


Mungkin anda sudah sering mendengar kata freelance. Ya, freelance adalah pekerja lepas yang tidak terikat aturan seperti pada kantor-kantor atau perusahaan. Freelance yang akan dibahas kali ini adalah mengenai freelance TI. Ada beberapa profesi yang bisa anda pilih di dunia teknologi informasi. Profesi tersebut antara lain, programmer dan web programmer,trainer TI, penulis buku freelance, dosen freelance dan sebagainya.
Nah, berikut ini adalah kiat-kiat sukses bagi anda yang ingin menekuni profesi sebagai freelance.
  •   Harus punya banyak teman atau relasi
Semakin banyak teman dan relasi, kemungkinan akan semakin banyak proyek yang akan didapatkan. Karena itu, sering-seringlah berkomunikasi dengan pelanggan lama ataupun calon pelanggan baru sehingga mereka akan langsung teringat kepada kita.
  •   Kreatif dan inofatif
Sebagai freelance, anda dituntut kreatif dalam menghasilkan produk. Pelanggan memilih produk anda karena berbeda dengan produk atau jasa yang diberikan oleh saingan/competitor lain.
  • Mengasah terus kemampuan
Seorang freelance di dunia TI hasur terus belajar dan mengasah kemampuan, mengingat perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat agar tidak ketinggalan jaman.
  • Berani menerima tantangan
Proyek yang diajukan kepada freelance belum tentu pernah dikerjakan sebelumnya, jadi tidak ada salahnya berani menerima tantangan baru sehingga pengalaman akan teru bertambah.
  • Kualitas pelayanan yang prima
Kualitas pekerjaan maupun hasil pekerjaan adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh pelanggan. Jika seorang pelanggan puas terhadap pekerjaan anda, mereka mungkin akan menceritakan kepada teman-teman mereka dan merekomendasikan anda. Ini bisa menjadi semacam iklan gratis.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat bagi anda yang berminat berprofesi menjadi seorang freelance terutaman di dunia teknologi informasi. Semoga bermanfaat.

Artikel ini dikutip dari buku “Berkarier di Dunia TI” karangan Nanang Sadikin.

0 komentar :

Posting Komentar

Members